Panduan Pelaksanaan Fls2n Sma Terbaru Tahun 2018/2019

Panduan Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengan Atas Terbaru TAhun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://biomatectona.blogspot.com/ ini akan membahas dan membagikan file perihal Panduan Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengan Atas Terbaru TAhun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Panduan Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengan Atas Terbaru TAhun 2018/2019.

A. Latar Belakang
1. Pengertian
a. Kebudayaan
Kebudayaan yakni suatu sistem tata nilai yang disepakati oleh sebuah komunitas atau masyarakat tertentu. Produk kebudayaan sanggup berupa benda dan takbenda (fisik dan nonfisik). Kedua produk budaya tersebut menjadi contoh dan panduan kelompok tersebut dalam berperilaku. Produk kebudayaan itu, antara lain berupa ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, dan seni.
b. Seni
Seni yakni bab dari kebudayaan yang memegang peranan penting dalam membangun sistem kemasyarakatan yang beradab dan beretika. Seni sebagai alat verbal di dalam tataran komunikasi dan sosial bertujuan untuk memperhalus kecerdikan dan rasa sehingga terbangun kebudayaan yang tinggi dan manusiawi.
c. Klasifikasi Seni yang Dilombakan Bertolak dari pandangan di atas, Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dengan kategori sebagai berikut.
1) Pertunjukan
Seni pertunjukan yakni seni yang melibatkan agresi individu atau kelompok di daerah dan waktu tertentu. Seni pertunjukan melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, seniman, dan penonton. Dalam FLS2N di tingkat SMA, materi seni pertunjukan sanggup dipersiapkan di provinsi masingmasing. Bidang yang dilombakan yakni baca puisi, tari kreasi inovatif, vokal solo, gitar solo, dan monolog.
2) Penciptaan
Penciptaan karya seni berupa verbal yang berunsur keindahan yang diungkapkan melalui media yang bersifat nyata dan sanggup dinikmati oleh indra. Pada FLS2N di tingkat SMA, pengetahuan, wawasan, bahan, dan peralatan akseptor dipersiapkan di masing-masing provinsi sesuai dengan tema yang tertera pada buku pedoman. Soal akan diberikan pada dikala lomba. Bidang yang dilombakan yakni desain poster, kriya, Cipta Puisi dan Film Pendek. Prestasi akademik dan nonakademik yang diraih melalui pendidikan yang bermutu memerlukan pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna. Aspekaspeknya meliputi: 
(1) olah hati (cerdas spiritual) untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan, meningkatkan tabiat mulia, kecerdikan pekerti atau moral, membentuk kepribadian yang unggul, membangun kepemimpinan dan kewirausahaan (entrepreneurship), 
(2) olah pikir (cerdas intelektual) untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi, 
(3) olah rasa (cerdas emosional dan sosial) untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya verbal seni dan budaya, dan 
(4) olahraga

B. Landasan Pemikiran
Undang Undang Dasar (UUD) 1945 mengamanatkan bahwa setiap orang berhak berbagi diri untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
Setiap orang juga berhak mendapat pendidikan dan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya, termasuk daya saing di bidang prestasi akademik dan nonakademik.

Prestasi akademik dan nonakademik yang diraih melalui pendidikan yang bermutu memerlukan pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna. Aspek-aspeknya meliputi: 
(1) olah hati (cerdas spiritual) untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan, meningkatkan tabiat mulia, kecerdikan pekerti atau moral, membentuk kepribadian yang unggul, membangun kepemimpinan dan kewirausahaan (entrepreneurship),
(2) olah pikir (cerdas intelektual) untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi, 
(3) olah rasa (cerdas emosional dan sosial) untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya verbal seni dan budaya, dan 
(4) olahraga (cerdas kinestetis) untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran, daya tahan, kesigapan fisik, dan keterampilan kinestetis.

Penjelasan atas Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37, ayat (1) menyebutkan bahwa tujuan kajian seni dan budaya yakni membentuk huruf akseptor latih menjadi insan yang mempunyai rasa seni dan pemahaman budaya. 
Sesuai Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, beberapa pokok yang menjadi jadwal prioritas pembangunan pendidikan dan kebudayaan yaitu melaksanakan revolusi huruf bangsa dan memperteguh kebinekaan serta memperkuat restorasi sosial Indonesia. Hal ini kembali tergambar mdalam semangat visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong”. Penguatan Ekosistem Pendidikan perlu dilakukan dengan cara memperkuat para pelaku pendidikan, ibarat kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua, dan juga pegiat pendidikan yang aktif dalam community development. Pelibatan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu dilakukan. Keberagaman yang ada dalam masyarakat merupakan kekuatan bangsa untuk dijadikan alat pemersatu dalam mewujudkan visi misi tersebut.
Pada abad revolusi mental, sistem pendidikan harus diarahkan untuk membangun identitas bangsa Indonesia yang berbudaya dan beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral agama yang hidup di negara ini. Akses ke pendidikan dan layanan kesehatan masyarakat yang terprogram, terarah, dan sempurna sasaran oleh negara sanggup membantu kita dalam membangun kepribadian sosial dan budaya Indonesia. Dalam proses pendidikan, revolusi mental yakni cara membangun kejujuran, motivasi, keseimbangan emosi, kemampuan untuk mengubah cara berpikir, memandang, dan berperilaku yang kemudian menjadi suatu disposisi batin ketika akseptor didik, generasi bangsa ini, berhadapan dengan situasi konkret. Pendidikan diarahkan ke transformasi dari pengetahuan diskursif (discursive knowledge) ke pengetahuan mudah (practical knowledge).
Gerakan transformasi berkelanjutan bagi pembangunan pola pikir akseptor latih diarahkan lewat wadah penyaluran talenta dan minat akseptor latih tingkat Sekolah Menengan Atas dari seluruh Indonesia dengan membangun aspek kognitif dan normatif. Untuk menunjukkan motivasi dan menyalurkan talenta dan minat siswa terhadap seni serta budaya di sekolah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas telah memprogramkan delapan bidang seni di dalam acara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang seleksinya dilakukan secara berjenjang di setiap provinsi di Indonesia, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai nasional.
Khusus untuk cabang lomba tertentu, pemenang akan dikirim ke bazar seni tingkat internasional.
Sehubungan dengan penyelenggaraan acara tersebut, disusunlah Pedoman Penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2018.

C. Visi Misi dan Tema FLS2N Tingkat SMA
Visi FLS2N yakni terwujudnya siswa Sekolah Menengan Atas yang kreatif, cerdas, dan berkarakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya bangsa sehingga mempunyai eksistensi di tingkat dunia.
Misi FLS2N adalah
a. meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengan Atas yang bisa berbagi potensi dan huruf melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya
b. menunjukkan kesempatan yang sama bagi siswa Sekolah Menengan Atas untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian berkesenian melalui kompetisi seni pertunjukan dan seni penciptaan yang berakar pada kearifan lokal dalam konteks kompetisi global dan
c. menunjukkan pengalaman bagi siswa Sekolah Menengan Atas untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa.
Dan masih banyak Panduan Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengan Atas Terbaru TAhun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Panduan Pelaksanaan FLS2N Sekolah Menengan Atas Terbaru TAhun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013 Sma-Smk Format Pdf Terbaru Tahun 2018/2019

Simetri Lipat

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2018 Perihal Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan Bidang Pendidikan Kepada Gubernur Dalam Penyelenggaraan Dekonsentrasi Tahun Anggaran Terbaru Tahun 2018/2019